Kamis, 25 November 2010

DEKOMPRESI JANGAN DI LEPAS

KEM RACING ONLY

5316cabut-dekrom-adib-1.jpgSalah kaprah pada biker dan mekanik masih banyak terjadi. Terutama dalam perlakuan dekompresi. Akibatnya ada aja komponen di motor yang malahan jadi rusak karena tindakan itu. Biar enggak jadi berlarut, mari teliti lagi akar masalahnya.

"Karena mengacu pada motor balap, banyak yang mencoba cabut dekompresi. Padahal sebenarnya mereka belum paham tentang fungsi dekompresi itu," kata Aldhi Dronaldhie dari bengkel BRS yang benyak menangani pengguna Skywave 125 yang cabut dekompresinya.

Kesalahan itu acap terjadi pada motor standar. “Atau motor yang hanya sekadar bore up aja yang sebenarnya masih membutuhkan peranti dekompresi tadi,” jelas Aldhi.

Menurut Aldhi lagi, mereka yang salah kaprah tadi berasumsi bahwa jika dekompresi dilepas, kompresi motor akan lebih padat selamanya. Sebab dekompresi kan bisa diartikan penghilang kompresi. Anggapan tadi ada benarnya, tapi ada juga salahnya.

"Sebab sebenarnya dekompresi itu hanya bekerja saat starter, setelah itu tidak ada pengaruhnya lagi," pasti mekanik di Jl. Swakarasa I, No. 6, Kapin, Kalimalang, Jakarta Timur ini.5317cabut-dekrom-adib-2.jpg

Jadi, anggapan bahwa kompresi akan terbuang secara terus menerus adalah salah besar. Tentu saja pembuangan kompresi saat starter tadi dibutuhkan. "Sebab jika kompresi terlalu padat dan tidak ada yang dibuang saat motor dinyalakan, dipastikan akan ada komponen yang rusak akibat tendangan balik kompresi tadi," lanjut ayah dua anak ini.

"Itulah fungsi pentingnya dekompresi," lanjut Aldhi. Bagian yang rusak akibat adanya tendangan balik tadi adalah cluctch starter yang posisinya ada di belakang magnet.

"Ciri-cirinya adalah saat distarter, khususnya elektrik starter akan terdengar suara yang sangat berisik. Jika dibiarkan berlarut, sudah dapat dipastikan tidak bisa lagi dinyalakan dengan cara memencet elektrik starter," tambah pria berkulit bersih ini. Tentu saja ini menjadi kerugian tersendiri akibat salahnya pemahaman.

Karena itulah, kembali diingatkan oleh Aldhie, jika masih standar atau hanya sekadar bore up, sebaiknya dekompresi tadi tetap digunakan. "Itu hanya dicabut jika modif di mesin sudah sampai pada tingkatan ganti kem racing ," beber Aldhi.

Hal itu memang karena bentuk kem balap yang pantatnya sudah lebih pendek. Sehingga memang enggak mungkin lagi dekompresi itu tetap dipasang. Biasanya di motor drag yang ikut kelas FFA (free for all) misalnya.

Solusi lain yang ditawarkan oleh mekanik satu ini adalah jangan terlalu berani bermain dengan kompresi besar. "Kompresinya jangan terlalu tinggi biar starter tetap awet," pesannya singkat.

28 komentar:

  1. kalo saya, pake kem racing tetap, tapi dekompresi juga dipasang. caranya ya modif dekompresinya juga mengikuti itung2an kem racing yg kita pakai. beres..
    kompresi padet dapet, e starter awet jg dapet :)

    BalasHapus
  2. mas klo tiger bisa dikasih dekompresi g?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semua motor standar pasti sudah ada dekompresinya mas

      Hapus
    2. Stiawan arif coba buka tiger apakah ada dekompresi nya?? Slamat mencoba

      Hapus
  3. mas ane punya njmx bore up 62 kem k1 waktu lepas komprensi terdengar padat namun ampun tuh dinamo stater hangus angkernya, pas ane pasang kembali decomprensi terdengar pecah,, mohon penjuknya? dilepas atau pasang saja?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mas saya jg gt n max saya. Tah ada dipasang atau ga dekompresi na sama mekanik. Alhasil rompal smua gear stater na. Dan one way na rusak. Solusi mas gmn. Wa mas 081269028654

      Hapus
  4. Kalau cuman bore up saja, enak nya dilepas atau di pasang,, solusi nya donk..

    BalasHapus
  5. Kalau cuma bore up saja enak nya di pasang atau di cabut,?solusinya bang

    BalasHapus
  6. Mantap pak penjelasannya,,,benar sekali,,,kalo gitu ada simpanan nggak dekompresi punya skywave,,saya butuh

    BalasHapus
  7. Kalo dekompresi rusak apakah mesin jadi bunyi mengelitik ya?

    BalasHapus
  8. Vixion ku bore up 62mm cam Brt T3, dekompresi lepas... Susah stater bahkan kadang gak bisa, kudu di bantu kick stater... Apa emg wajib di lepas?

    BalasHapus
  9. Kalo dekompresi di bikin terbuka terus pada satria fu bagus ga ya

    BalasHapus
  10. Kalo noken as beat fi yang sudah di papas apakah dekompresinya masih bisa di pasang?

    BalasHapus
  11. Rol timing atas habis di makan rantai timng nya, apakah itu pengaruh karna cabut dkompresi di vario?? Motor nya standar cuma dkompresi nya hilang krna itu gk di pake, terus motor cepat panas

    BalasHapus
  12. Itu mempengaruhi tenaga motor gak ?

    BalasHapus
  13. Mungkin nggak mencabut dekompresi mengakibatkan boring/liner jadi banyak garis2nya??? Maka.

    BalasHapus
  14. gimana cara mengatasi pir dekompresi yang patah,atau kita tidak pasang dekompresinya bisa gk.

    BalasHapus
  15. Motor saya vixion bore up 63mm cuman dekompresinya saya lepas . Pakek aki motobet 6 amper kok tetep gk kuat stater ya ... Tolong sarannya atau yg pernah ngalami kyk gini

    BalasHapus
  16. Gan motor beat karbu saya knpa ya.. Pas di tarik gas lgsg ada suara ngilitrik ya.. Kaya suara rantai keteng.. Itu suara muncul pas posisi jln pelan..trus di tarik gas pol.. Bru ada suara ya.. Kalo tarik gas ya biasa aja sih ngga ada suara ngilitrik ya.. Ada solusi ya

    BalasHapus
  17. Bang saya mau nanya,sayakan punya Vario 110 karbu nah dekompresi saya sudah rusak pas lagi di bongkar ktanya nah akhirnya kan di copot nah saya mau stater apa kuat atau tidak,soalnya kata bengkel dlu ada yg gapake dekompresi tetep bisa di starter dan sma sma di Vario 110 karbu,makasih bang🙏🏻

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya memang masih bisa distater tapi umur dinamo dan clutch nya lebih pendek jadi bakal cepat rusak

      Hapus
  18. Assalamualaikum.

    Td siang sya pasang noken as racing spek harian di vario 125 injeksi, dr mekaniknya bilang otomatis di noken nya ambil aja biar enteng.

    Tp pas aku coba jadi malah gak ada tenaganya.

    Apakah pengaruh kalo di lepas otomatis nya ?.

    Mohon solusinya.

    Terimakasih

    BalasHapus
  19. Ijin bertanya mas
    Motor saya beat karbu spek 115 harian noken as bubut copot dekompresi
    Yang jadi pertanyaan kalo di stter enteng terus di selah juga enteng kaya kurang kompresi itu dari mana ya mas

    BalasHapus
  20. Apa penyebab terjadinya dekompresi

    BalasHapus
  21. Klo cma kem nya racing itu masi bisa pake dekompresi gk karna klo dipasang itu dekomprensinya bunyi

    BalasHapus
  22. Dekompresi selalu patah, bahkan baru saja dipasang siang, sorenya sudah patah lagi sehingga mesinnya berisik. Mohon solusinya.

    BalasHapus