Kamis, 25 November 2010

PUSH & PULL HONDA TIGER

LEPAS SATU?

5645dsc_0872.jpgAda istilah push and pull (PP) istilah dorong dan tarik di karburator Honda Tiger. Mekanisme PP mengandalkan dua kabel gas untuk menggerakkan naik-turunnya skep. Beberapa pemilik Tiger melepas satu kabel. Ingat cuy kalau mekanisme PP ada juga di Yamaha Xeon 125.

“Awalnya sih ada keluhan buka gasnya agak berat dari yang punya Tiger. Saya cek dan jajal lepas salah satu kabelnya. Enggak tahunya konsumen lebih senang dilepas satu supaya bukaan gasnya enteng,” beber Bambang, mekanik Herry Motor, Jakarta Selatan.

Mekanisme push and pull bekerja dengan dua kabel gas yang fungsinya sama. Dua kabel gas nyangkut di komponen yang namanya link set. Ada dua dudukan untuk jadi tempat sangkutan nipel kabel gas.

“Bagian bawah dan atas. Atau disebut bagian A dan B. Kedua kabel akan ditarik serempak saat handel gas dibuka,” tambah Handy Hariko, Technical Service Vice General Manager PT Astra Honda Motor (AHM), Jakarta.

Mekanik bengkel umum sering melepas nipel bagian bawah alias kabel B untuk ngentengin bukaan gas. “Lho malah lebih ringan pakai dua kabel. Kalau pakai satu kabel memang enteng di handel gas, tapi malah berat kerjanya karbu,” ujar Handy yang berkantor di Jakarta Utara.

Menurut Handy, melepas satu kabel akan berpengaruh terhadap irama bukaan gas dan suplai bahan bakar. Dengan dua kabel, bukaan handel dan naiknya skep dan jarum skep akan berbanding lurus. Artinya, bukaan throttle dan suplai bensin sesuai.

Berbeda kalau hanya pakai satu kabel. “Dengan begitu gas bisa menutup lambat,” timpal Handy.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar