Minggu, 21 November 2010

SUZUKI SATRIA F-150

6189paking-satria-adib.jpgHati-hati beli paking bak kopling aftermarket buat Suzuki Satria F-150. Paking bak kopling Satria F 150 bisa jadi salah satu penyebab mesin cepat panas karena volume oli naik ke kepala silinder berkurang.

“Banyak yang beranggapan kalau ada masalah pada sistem pelumasan. Pas dicek enggak tahunya gasket imitasi agak menutup jalur pelumasan. Makanya, mesin jadi cepat panas,” ujar Hasan Basri, mekanik yang juga pemilik bengkel Hasan Motor, Jakarta Barat.

Memang, efek kurangnya debit pelumas untuk mendinginkan mesin dampaknya jadi ruaar biasa. Komponen di mesin akan cepat aus dan minimal, misal sim di DOHC F-150, akan menipis.

“Caranya simpel kok. Perbesar aja lubang oli di paking sebelum dipasang ke bak kopling. Samakan lebar dan panjangnya dengan lubang jalur oli yang ada di Satria F,” ulas Hasan yang bermarkas di Kelapa Dua, Jakarta Barat.

Artinya bukan masalah kalau sampeyan beli gasket bak kopling F-150 aftermarket. Memang, beli paking yang non genuine part dibanderol lebih mahal sekitar Rp 50 ribuan. Tapi, paking keluaran merek yang bukan Suzuki Genuine Part (SGP) satu set dengan paking bak kiri dan gasket blok atas bawah.

Dibandingkan dengan paking F-150 berlabel SGP harganya Rp 16 ribuan. Tapi, banderol Rp 16 ribuan hanya dapat gasket bak kopling aja. Kualitas pastinya enggak perlu diragukan lagi. Itu karena paking SGP sudah sesuai dengan rekomendasi pabrik Suzuki.

Silakan pilih. Seandainya susah cari yang label SGP, pilih versi after market. Tapi, jangan perbesar lubang oli.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar