Kamis, 25 November 2010

KOPLING YAMAHA VEGA-ZR

BIKIN LEBIH CIHUY LAGI!

5935kopling-gt-(1).jpgUntuk mengimbangi performa Yamaha Vega ZR yang sudah disentuh engine lewat cara korek, baiknya bagian kopling juga ikut diubah. Sebab jika tidak, tenaga besar bisa terbuang percuma akibat kopling mengalami selip. Nggak cihuy lagi, deh!

Seperti dialami Alvy Stanzah. “Awalnya, motor tidak mau lari di awal. Tapi setelah kopling diubah, kini sudah tidak begitu lagi,” ungkap pemilik Vega ZR 2009 dari Jl. Jembatan II, Sinar Budi, No. 14, Jakarta Barat.

Menurut Jimmy Hamdani yang mengubah kopling Vega ZR milik Alvy, itu karena kopling standar tak sanggup menyalurkan daya besar. Aslinya cuma pakai dua kampas kopling dan satu pelat gesek disertai pelat berfungsi sebagai pegas.5936kopling-gt--(2).jpg

“Meski pelat berfungsi seperti pegas itu sudah ditambah satu pelat lagi, tetap saja kagak pengaruh. Padahal, cara ini bisa berfungsi jika dilakukan di Suzuki Shogun 110,” ujar owner workshop bernama Schnell Motor Sport di Jl. Tubagus Angke No. 38, Jakarta Barat.

Maka itu, akhirnya diputuskan mengganti keseluruhan part kopling standar. Penggantinya, mangkuk kopling pakai Honda Supra (100 cc). Lalu, kaki empat atau tempat pelat kopling dan lawannya serta pelat gesek pakai Yamaha Jupiter MX 135. Kampas pakai Honda Supra atau Grand. “Gigi sekunder dan gigi primer tetap pakai punya Vega ZR,” aku Jimmy.

Pemasangannya, kuku rumah kopling terluar musti dibubut 6,5 mm. Sehingga, enggak mentok bak kopling. Diameter bos rumah kopling juga dibubut mengikuti diameter bushing gigi sekunder.

“Setelah bibir luar kaki empat dibubut, tempat dudukan kampas di magkuk kopling ikut diperdalam sekitar 2 mm. Sehingga kampas dan pelat gesek muat,” jelas pria 34 tahun yang bisa ditanya teknis di (021) 92972766.

Hilang deh selipnya! Tapi, jangan-jangan ini salah satu alasan kenapa Vega ZR masih jarang dipakai di balap kali ya? He..he... he... Oh ya, tips ini juga berlaku buat Yamaha Jupiter-Z 115 cc ya.

4 komentar:

  1. Sampai berapa budget yg harus dikeluarkan mas bro ?

    BalasHapus
  2. bak kopling untuk vega zr harganya nyampek berapa gan?.....

    BalasHapus
  3. info motor racing
    http://bossa-racing.blogspot.com/

    BalasHapus
  4. sampai berapa biayanya semua bro?

    BalasHapus