Kamis, 25 November 2010

SIL TUTUP KLEP

NGECES TANDA MINTA GANTI?

5672hal14_silklep1.jpgBalita ngiler alias ngeces kata orang sih tanda ngidam bundanya enggak kesampaian. Sama dengan tutup klep di kepala silinder yang sudah ngeces oli. Terutama, pelumas yang ngiler di sekitar tutup klep isap-buang. Berarti sil cover katup kudu diganti. Tapi, apa musti tunggu ngeces oli dulu baru diganti?
5673hal14_silklep2.jpg
Ngiler di sekitar tutup klep tanda sil sudah waktunya dibuang dan ganti yang baru dianggap agak berisiko. Mungkin saja baru ketahuan setelah motor kelar diservis atau ganti oli berkala. Artinya, minimal 2.500 km setelah diservis baru ketahuan ada pelicin meler di sekitar tutup klep.

“Wah, kasihan mesin kalau nunggu oli ngeces dulu. Volume oli bisa berkurang kalau dibiarkan ngeces lewat tutup klep. Sayang komponen yang lain,” beber Andi ‘Ope’ Mahrizal, mekanik bengkel Mentari Jaya, Jakarta Timur.

Tuh ada anggapan di kalangan mekanik bengkel umum kalau sil tutup klep harus diganti setelah ada tanda oli ngeces malah bikin susah. Bayangin tekanan oli di klep masuk-buang mengurangi debit pelumas di ruang bakar.

Ingat cuy, sedikit aja ada celah pelicin akan meler keluar karena tekanan yang keras dari semprotan oli untuk mendinginkan silinder head. "Di mesin bebek kalau bocornya di klep isap masih bisa ketahuan karena masing nempel di tutup klep. Tapi, bocornya di klep buang langsung netes ke bawah. Susah dilacak," beber Ope yang tinggal di Pulo Gadung, Jakarta Timur.

Ope kasih penjelasan lagi soal penggantian sil. Sebenarnya sih bukan kebutuhan jangka pendek. Tapi, ada beberapa penyebab yang bikin sil getas harus diganti. Salah satunya saat pemasangan. Permukaan sil enggak dipasang rapat ke bagian dalam tutup klep.

Pemasangannya ke kepala silinder pun bermasalah karena posisi tutup enggak dipasang sempurna. Belum menutup salah satu baut sudah dikencangkan. Sil bisa ikut ketarik dan getas dengan cara pemasangan seperti itu.

"Paling benar setiap buka-tutup klep, ya harus ganti sil. Sil lama dipasang lagi pasti kekuatannya akan jauh turun," ujar Handy Hariko, Senior Manager Technical Service PT Astra Honda Motor (AHM).

Sil di tutup klep sudah kena panas setelah mesin berputar. Panas bikin material sil memuai meski tidak akan kelihatan sebelum tutup dibuka.

Begitu dibuka, baru deh kaethuan kalau dimensi sil suda berubah. Waktu dipasang kembali sil lama dapat tekanan dari tutup yang dibaut kencang. Tekanan itu yabng bikin sil lama jadi gepeng dan getas. Akibatnya, ngeces deh.

2 komentar:

  1. Wah mtor w skrang ni jg gi ngiler :( tp apa bner y ttp sil klepny yg hrs di gnti....

    BalasHapus
  2. Saya baru 1 bulan ganti karet sil tutup klep...kok udah bocor lagi???padahal ori lo...

    BalasHapus