Kamis, 25 November 2010

TIGER PASANG LAMPU HID / XENON

TAK BISA FOKUS

5703tiger-ganti-hid-yudi-1.jpgVirus atau tren penggunaan lampu HID (High Intensity Discharge) memang terus bertambah marak. Itu karena cahaya dari lampu ini jauh memang jauh lebih terang dibanding lampu standar. Dengan kondisi jalanan yang acap tanpa penerangan yang memadai, tentunya pakai lampu ini jadi jauh lebih aman. Selain itu lubang yang bertebaran di jalan pun bisa mudah dihindari.

Tapi, jika lampu ini diaplikasi pada Honda Tiger ada beberapa catatan yang kudu lebih dulu dipahami. "Banyak keluhan dari pengguna Tiger jika mereka pasang lampu HID. Kebanyakan datang kepada kami dengan masalah yang relatif sama," yakin Alex Iswandi dari Salfa Motor yang biasa terima pasang HID di motor. "Umumnya mereka datang karena sering dimaki orang di jalan. Selain itu juga, pancaran yang dihasilkan untuk menerangi jalan malah jadi tidak terlalu fokus," tambah pria bertubuh kurus ini.5704tiger-ganti-hid-yudi-2.jpg

Dimaki orang? Apa sebab? Tentu karena pakai HID tadi! Karena tau-nya, jika dipasang di head lamp standar Tiger, cahaya yang dikeluarkan menjadi berantakan. Cahayanya bisa kemana-mana! Naik apa? He..he.. becanda! Maksudnya ada yang ke atas, ke bawah bahkan ada yang seperti terpencar," tambah pemilik bengkel dari Jl. H. Jian No. 28, Cipete, Jakarta Selatan ini.

Karena pancaran sinar yang berantakan tadilah maka banyak pengguna Tiger yang membuat kesal pengguna jalan lain jika berpapasan. Sinarnya pasti bikin silau banyak orang. Untuk mengatasi ini ada dua alternatif yang ditawarkan Alex. "Pertama, mengganti reflektor pakai punya Yamaha V-ixion," lanjutnya dengan logat Betawi kental.

Sebab pancaran sinar yang tidak fokus tadi hanya karena ulah reflektor lampu. "Kebetulan pas dengan punya Tiger, jadi ya bisa dipasang," tambahnya. Tentunya reflektor yang dimaksud tadi adalah punya V-ixion lama yang bentuknya bulat atau sama dengan kepunyaan Tiger.

Masih menurut Alex, produk Yamaha ini bisa dibeli di banyak bengkel resmi Yamaha atau pusat spare-parts dan onderdil. "Kalau enggak salah harganya sekitar Rp 180 ribu," pastinya.

Jika tidak mau ganti reflektor, ada cara menarik lain yang bisa juga ditempuh. "Bisa juga dengan membuatkan proyektor di bagian dalam lampu," cerita pria yang bisa ditanya lebih lanjut di nomor telepon (021) 91782507.

Reflektor tadi bertugas membuat sinar lampu lebih fokus. "Hal itu bisa terjadi karena proyektor sudah terdiri dari lensa cembung yang mampu mengumpulkan sinar dan memancarkannya secara lebih fokus," timpal Adi, partner bisnis Alex.

Menurut mereka berdua, jika ingin memasang proyektor ini siapkan dana Rp 1,3 juta. Harga itu sudah termasuk HID dan onngkos pasang. Plus garansi untuk 1 tahun.

Bagaimana?

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar