Minggu, 21 November 2010

Servis Throttle Gas agar enteng di telapak tangan .

2010-11-16 22:03:57 6161servis-gas-adib-1.jpgPerforma mesin boleh mantap. Tapi jadi percuma kalau kabel gas tidak mendukung. Ditarik keras atau nyangkut waktu dipelintir. Sehingga bikin pegal dipakai saat mudik. Parahnya kalau tiba-tiba putus di jalan. Apes deh.

Sambil iseng, lebih baik cek sendiri. Atau minta bantuan bengkel dekat rumah. Untuk sekadar bongkar kabel gas.

“Cek kondisi kabel gas masih bagus atau sudah jelek. Gampang. Buka-tutup grip gas enggak berat atau terasa seret. Jika sebaliknya ada gejala itu, lebih baik kabel gas ganti baru. Hal ini untuk hindari putus dan bongkar di jalan,” jelas Joko alias Pa’de, mekanik Sinergi Motor.6162servis-gas-adib-2.jpg

Untuk ganti kabel gas seret, saran Pa’De baiknya pilih part orisinal atau asli dengan harga di kisaran Rp 48 ribu. Menurut pengalaman, kabel gas asli kawatnya dilapis plastik silicon agar gesekan lancar juga antikarat. Makanya kalau sudah terkikis baiknya segera diganti.

Lantas untuk memasang kabel gas baru, tidak lupa rumah grip gas cek juga kelancarannya. “Pastikan tidak ada kabel dan slongsong grip gas yang tersangkut geraknya. Sehingga pemudik aman dari bahaya di jalan,” lanjut tuner di Jl. M. Yusuf Raya, Depok II, Depok ini.

Berhubung grip gas selalu diputar selama perjalanan, ada baiknya pegas pembalik piston atau katup skep juga dipantau. Sebab debu melekat di pegas model kupu-kupu atau kekerasan pegas piston skep, ujung-ujungnya gampang bikin telapak tangan jadi gampang pegal.

Oleh sebab itu, pastikan juga tidak ada lagi debu melekat di skep karbu model vakum. Dan buat karbu model piston, kekarasan pegas masih bisa diperlunak dengan cara memotong beberapa ulir pegas. Dengan begitu, beban tarik grip gas lebih enteng selama di perjalanan mudik nanti.

Yuk dicoba. Dan jangan lupa tetap ati-ati selama perjalanan mudik nanti!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar