Kamis, 25 November 2010

JUPITER Z PAKAI SILINDERNYA KARISMA

FOKUS DI CRANK CASE

5965jupiter-head-kharisma-axl-0.jpgKeberadaan rocker arm roller di head Honda Karisma atau Supra X 125 punya kemampuan mengurangi gesekan. Sehingga tenaga mesin tidak banyak berkurang. Wajar jika pemilik motor lain pengin pasang di motornya.

Seperti Yana dari bengkel Yan’s Mocin sudah mencoba di Yamaha Jupiter-Z. “Untuk pasang di Jupiter-Z tak sesulit apa yang dibayangkan. Hanya beberapa bagian disesuaikan. Bahkan untuk mencari komponen pendukung juga mudah didapat,” jelas mekanik di Jl. Salimah, Ds. Sukamanah, Jambe, Tangerang ini.5966jupiter-head-kharisma-axl-2.jpg

Menurut mekanik yang sudah sejak lama coba pasang head Karisma di Jupiter-Z ini, ada dua cara. Langkah pertama atau paling sederhana, pemilik Jupiter-Z bisa pakai head Karisma tanpa silinder.

Lalu trik ke-2 bisa terapkan head dan blok Karisma di mesin Juiter-Z. Terlebih bila liner silinder sudah bore up.

5967jupiter-head-kharisma-axl-3.jpgLanjut Yan’s, jika berikut silinder pasang di Jupiter-Z, yang perlu disesuaikan lubang liner di crankcase. Di bagian itu dibentuk ulang pakai las babet, dengan mengandalkan paking silinder bawah Karisma sebagai bahan mal.

Setelah crank case di mal ulang pakai las babet, ke-4 baut pengikat blok silinder asli Jupiter-Z pun diatur ulang posisinya. Begitupun lubang oli di bagian itu yang musti digeser ke atas biar sejalur dengan lubang oli di silinder Karisma.

“Ketebalan las babet hasil dari mengemal silinder, tergantung aplikasi setang seher apa. Sebab setang seher panjangnya beda-beda,” tegas Yan’s yang bisa dikontek di nomor (021) 9770914.

Begitu head dan silinder blok Karisma tepat di posisi ke-4 baut Jupiter-Z, langkah berikutnya milih rantai serta gir keteng yang pas dengan gigi sentrik asli Jupiter-Z di poros kruk-as kiri (magnet).

“Jika menggunakan silinder dan head Karisma, rantai kateng pakai punya Vega lama tipe biasa (bukan silent chain). Kemudian untuk gir keteng atas, gunakan punya Jupiter-Z yang bagian dalamnya dibuatkan adaptor macam di motor balap,” tegasnya.

HEAD KARISMA AJA JUGA BISA
Seperti dikatakan Yana, pasang rocker arm roller Karisma di Jupiter-Z bisa aja tanpa gunakan silinder. Terlebih jika sebatas ingin memanfaatkan keunggulan peranti itu ke tunggangan lain.

Meski caranya tidak serumit pasang blok silinder dan head Karisma, namun Yan’s mewanti tetap ada aturan yang musti diikuti. Terutama bila silinder blok Jupiter sudah bore-up dengan mengusung diameter seher lebih besar.

“Misalkan lingkar kubah di kepala silinder yang tetap harus disesuaikan besarnya dengan diameter piston. Begitu juga lubang dudukan payung klep di kepala seher yang bentuknya berbeda dengan silinder pada umumnya,” lanjut pencinta Albert Einstein.

Setelah terjadi ubahan di kubah kepala silinder dan seher, lanjut Yan’s, lakukan penyesuaian di bagian kepala silinder Karisma. Di bagian ini perombakan tidak sebanyak bila pasang satu set silinder.

“Caranya geser 4 lubang buat di head Karisma. Selain itu juga, lakukan penutupan lubang pembuangan aliran oli dari head ke bak carter yang kebetulan lewat di silinder blok,” ujar mekanik yang kebanjiran order modif serupa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar