Kamis, 25 November 2010

GANTI BAUT KNALPOT SKUBEK

Gampang Pakai Mur Panjang

5394mur-panjang-gt.jpgSaat lepas pipa knalpot di semua merek skubek, terkadang kerap direpotkan oleh posisi 2 mur pengikatnya. Sebab berada di dalam cover bodi tengah bagian bawah.

“Makanya untuk melihat baut knalpot kita harus merapat ke tanah lantaran posisinya memang sulit. Kita juga harus punya kunci sok atau T biar mur mudah dijangkau,” terang Robby Bontot, mekanik Bontot Motor Sport di Jl. Amal, No. 37, Pondok Bambu, Jakarta Timur.

Benar kan bongkar knalpot skubek lebih repot dibanding bebek atau sport. Kalau mau enak dan mudah dijangkau, biasanya posisi skubek lebih dulu dimiringkan ke kiri. Itupun harus minta bantuan teman buat jaga-jaga kalau gedubrak.

Kalau enggak mau repot lagi, sejatinya bisa contoh skubek yang dipakai buat balap. Pasalnya tunggangan ini kebanyakan sudah ganti mur asli model pendek dengan yang lebih panjang. Bahkan penggunaan baut semacam itu kini merabah ke dunia modifikasi.

“Yang pasti pakai mur panjang lebih cepat bukanya. Sebab tidak lagi repot meraba mur yang posisinya agak lebih ke dalam. Tinggal intip sedikit atau cari posisi kepala mur, kunci sok sudah bisa diarahkan,” lanjut mekanik yang mengawali karir dari joki drag bike ini.

Makanya buruan ganti mur asli yang pendek dengan mur panjang. Kebetulan mur yang dihargi sekitar Rp 5.000 perbuah itu, sekarang sudah banyak di jual di toko onderdil atau variasi terdekat.

Bahkan skubek yang gunakan 2 baut untuk mengikat knalpot macam Suzuki Spin 125, bisa aja tiru trik ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar